jawaban uh tik analisis data Achmad Arya 8B 01

1. Apakah tujuan belajar analisis data?
2. Bagaimana mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak
sehingga dapat dianalisis secara efisien, terstruktur dan sistematis?
3. Jelaskan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu!
4. Apa yang dimaksud dengan Pivot table?
5. Apa yang dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS?
6. Apa yang dimaksud dengan peringkasan data?
7. Mengapa analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8?
8. Bagaimana langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel?
9. Apa yang dimaksud dengan pencarian data?
10. Apa yang dimaksud dengan visualisasi data?
11. Apa yang dimaksud dengan pengelolaan data?
12. Apa yang dimaksud dengan Fungsi Lookup ?
13. Dapatkah kalian menjelaskan perbedaan fungsi match, choose, dan
index? 
14. Kira-kira, kapan kalian akan memakainya?
Apakah kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kalian
dalam meringkas data?
15. Dari antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebih
sulit digunakan?
16. Menurut kalian, apakah penggunaan absolute references berguna dalam
penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan!
17. Apakah kalian senang dan tertantang belajar materi analisis data ini?
18. Kesulitan apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara
unplugged (tanpa komputer)?
19. Mengapa fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”? Carilah makna kata pivot, dan jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel!
20. Apakah kalian dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan
pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini?
Jawaban :

1. Untuk mengolah, mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data 
2. Menggunakan fungsi pencarian data (Vlookup, Hlookup)
3. VLOOKUP dan HLOOKUP adalah fungsi Excel yang dapat dikategorikan sebagai Lookup dan Reference
4. Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu
5. SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang bisa digunakan pada aplikasi lembar kerja untuk menghitung nilai dari sekumpulan data dengan kondisi tertentu
6. Merupakan salah satu penerapan dari konsep abstraksi dalam berpikir komputasional
7. Agar situation Hari Hari mudah dikerjakan menggunakan aplikasi lembar kerja
8. Pilih data, pilih insert pada menu bar, pilih jenis grafik, atur posisi grafik, ubah jugular grafik
9. Pencarian data adalah suatu proses untuk mengumpulkan sejumlah informasi di dalam pengingat komputer dan kemudian mencari kembali informasi yang di perlukan secepat mungkin
10. Visualisasi data adalah data yang disusun dalam bentuk tabel dapat ditampilkan dalam bentuk 
grafik atau chart
11. Pengelolaan data adalah proses mengumpulkan data penelitian dan mengubahnya menjadi informasi yang dapat digunakan oleh banyak pemangku kepentingan
12. Lookup adalah fungsi yang disediakan aplikasi lembar kerja
13. Match untuk mencari posisi, Index untuk mencari tahu nilai, Choose adalah untuk mencari sebuah nilai. Dan akan dipakai saat lgi melakukan tugas 
14. Iya, karena mudah untuk menghitung nilai dari sekumpulan data dengan kondisi tertentu
15. Menurut saya dua duanya sama saja susah, karena sumifs untuk menambahkan sel dan countifs untuk menerapkan kriteria sel
16. Iya, karena absolute reference dapat mengunci sebuah sel jadi saat menggunakan SUMIF dan COUNTIF, sel tersebut tidak akan menjumlah atau membagi DLL
17. Iya dan tidak, karena Agar mengejarkan tugas lebih mudah tetapi akan susah dipelajari
18. Iya, karena akan lebih sulit untuk memilih atau mencari suatu data 
19. Makna pivot dari kbbi adalah putaran. Pivot table bisa digunakan untuk mengelompokan dan menganalisis data, jadi pivot table bisa menghematkan waktu saat mengerjakan tugas secara lebih efektif
20. Iya, saya mengerti kegunaan pivot table satu dan dua dimensi

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

jawaban soal ujian informatika

tutorial microsoft excel by achmad arya 8B absen satu

Tugas 10 soal